Contoh proposal makanan



    
    
    
 
proposal usaha makanan
DADAR GULUNG CHEESSINAH
SMK NEGERI 45 JAKARTA BARAT
Jalan SUkabumi Selatan- Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11560
Telp (021)-5480075 E-mail : SMKN45@yahoo.com
 
 



DAFTAR ISI

i.                    DAFTAR ISI……….……………………………………………1
ii.                  KATA PENGANTAR………………………………………………......2
iii.                BAB I   :    PENDAHULUAN………………………………….3
             1.1 LATAR BELAKANG
             1.2 VISI & MISI USAHA (Tujuan)
             1.3 MODAL USAHA

iv.                BAB II  :   ANALISA PASAR…………………………………..4
              2.1 JENIS USAHA
              2.2 PENGAMATAN
              2.3 PERHITUNGAN PENDAPATAN
              2.4 PERSENTASE KEUNTUNGAN
              2.5 ANALISA S.W.O.T
              2.6 METODE PENJUALAN
v.                  BAB III  :   STRATEGI PEMASARAN………………………......7
               3.1 STRATEGI PEMASARAN
               3.2 SEGMENTASI
               3.3 POSITONING
vi.             PENUTUP………………………………………………………....9



1.1 KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT hanya karena rahmat dan kebaikannya saya dapat menyelesaikan Proposal Usaha ini, dan hanya karena ALLAH SWT saya mendapatkan ide dan inspirasi untuk membuat makanan “Dadar Gulung Cheessinah” ini.
Proposal ini saya buat atas dasar memenuhi tugas praktik mata pelajaran kewirausahaan dan sebagai pembelajaran kewirasusahaan baik pribadi ataupun untuk orang lain. serta sebagai referensi menu usaha yang akan saya buat.Saya terinspirasi untuk membuat semacam makanan yang diminati oleh banyak orang dan tidak membosankan, dengan sedikit perubahan suatu makanan akan terlihat lebih baru. Semoga “Dadar Gulung Cheessinah” ini disukai seluruh kalangan.
Terima kasih untuk Bapak Sanusi selaku guru kewirausaahn saya dan teman-teman saya. Yang telah sedia mengajari dan berbagi ilmu mengenai berwirausaha.Dalam penyusunan proposal ini, saya mengetahui bahwa masih ada kekurangannya, maka dari itu saya sangat berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran kepada saya.
Atas kebaikan dan kesediaannya waktunya, saya ucapkan terima kasih.

Jakarta,3 Februari 2015
      Penulis Proposal

       Sarah Nurmala
            XII-AP


BAB 1 : PENDAHULUAN

1.     LATAR BELAKANG USAHA

Kejenuhan para penikmat kuliner atas makanan baik dimulai dari golongan menengah sampai golongan atas mulai timbul. Era modern ini sangat dituntut inovasi-inovasi dalam berbagai bidang termasuk makanan. Makanan adalah kebutuhan pokok yang mendasar, maka dari itu saya rasa kalau makanan tradisional tidak dikembangkan dengan baik. Maka makanan itu hanya sekedar makanan musiman yang tidak menutup kemungkinan akan digeser dengan makanan – makanan luar negeri.

Oleh Karena itu, saya mencoba untuk mengoptimalkan kesempatan yang saya miliki untuk membuat sesuatu makanan tradisional yang disajikan dengan kreasi baru. Disamping karena ada peluang, ini juga dapat mempopulerkan dan melestarikan makanan tradisional Indonesia.

Melihat prospek yang baik dari makanan ini, maka saya tergerak untuk membuat makanan yang berbeda. Memadupadankan dengan kreasi baru.

DADAR GULUNG biasanya diisi dengan kelapa muda (unti) namun, DADAR GULUNG CHEESSINAH ini berisi keju,pisang,dan coklat serta toping lainnya. melihat potensi yang amat besar, maka saya berkeinginan membuat DADAR GULUNG CHEESSINAH.
1.2. VISI DAN MISI USAHA (TUJUAN)
Visi / Tujuan dari usaha ini adalah untuk mempraktikkan ilmu kewirausaahan, mengasah kreativitas dan sebagai referensi menu usaha saya. Di samping itu, mempopulerkan makanan tradisional dengan memberikan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dan memberikan varian makanan bagi seluruh kalangan.
Misi usaha ini dengan membuat proposal makanan, mempresentasikan dengan guru kewirausahaan agar dapat memperoleh nilai, saran, dan kritik. Membuat tester sebagai bahan percobaan di kalangan pelajar.

1.3. Modal Usaha
Modal usaha yang dikeluarkan untuk “Dadar Gulung Cheessinah” sebesar Rp. 100.000.

BAB II
ANALISIS PASAR
2.1 JENIS USAHA
        Saat ini penikmat kuliner dari berbagai kalangan membutuhkan jenis makanan yang berbeda, baik tradisional maupun modern. Dengan melihat peluang besar, saya memilih jenis usaha :
-          DADAR GULUNG CHEESSINAH
Dadar gulung cheessinah adalah anak dari dadar gulung tradisional yang isinya unti (kelapa muda-manis), namun saya kreasikan dengan sentuhan modern, yaitu berisi keju, pisang,coklat,dll. Dengan rasa dadar yang sesuai dengan toping isinya.
2.2 PENGAMATAN
Dari analis pribadi, saya memilih jenis makanan ini sebagai menu usaha saya, karena rasanya yang enak, megandung vitamin, dan terjangaku. Proses pembuatan yang tidak rumit, modal usaha kecil dan kebersihan dari proses pembuatan pasti terjamin. Karena dadar gulung ini, asli buatan saya sendiri.
2.3 PERHITUNGAN PENDAPATAN
A. Pengeluaran/ Modal
            - 1 Tepung Terigu                                Rp.   7.000
            -  ½ Gula Pasir                        Rp.  5.000
            - 1 butir telur ayam                              Rp.  2.000
            - Susu Cair                                          Rp.  6.000
            - Margarin                                           Rp.  5.000
            - Keju chedar                                      Rp. 22.000
            - Pisang Raja                                       Rp.  6.000
            - Susu Coklat Kental Manis                Rp.  6.000
            - Pewarna alami makanan                   Rp.  8.000
            - Kemasan                                           Rp.  5.000
            - Gas                                                    Rp. 18.000
            -Transportasi                                       Rp. 10.000
-TOTAL MODAL                                          Rp. 100.000
- Persentase Harapan                           : 50%
B. Pendapatan
- Harga Jual per/buah                          : Rp. 2.000
- 1 kg tepung = 40 buah kue = 50
- Pengeluaran Rp. 100.000
-Pendapatan Rp. 125.000
- B.E.P UNIT : Modal : Harga Jual = Rp. 100.000 : Rp. 2.500 = 40 kue.
- Laba Bersih Rp. 25.000

2.4 PERSENTASE KEUNTUNGAN
Margin ( Profit : Modal )
Rp. 125.000 : Rp. 100.000

2.5 ANALISIS S.W.O.T
            Untuk meyakinkan bahwa makanan yang akan saya jual dapat disukai masyarakat umum, maka saya melakukan analisa terhadap produk yang akan saya jual dengan cara menerapkan analisa S.W.O.T sebagai berikut :
a.      STRENGHT ( Kekuatan )
-                   Harga jual yang cocok untuk semua kalangan
-                   Rasa yang lezat
-                   Produk tidak pasaran
-                   Rasa dan tampilan produk mengikuti zaman
b.      WEAKNESS ( Kelemahan )
-                   Produk tidak tahan lama, karena tanpa bahan pengawet.
-                   Belum banyak diketahui masyarakat.
c.       OPPORTUNITIES ( Peluang )
-                      Produk baru / inovasi masih jarang di pasaran.
-                      Jenis makanan yang sangat digemari oleh masyarakat.
d.      Threat ( Tantangan )
-                      Pemasaran produk yang kurang strategis.



2.6. METODE PENJUALAN ( Sales Method )
            Metode penjualan yang akan saya jalani ialah pemasaran melalu produk tester oleh rekan kerja/ pelajar/ tetangga. Dan membuka toko kue di lingkungan rumah. Serta memanfaatkan jejaring social seperti BBM, Facebook , Twitter , Instagram dll. Cara ini diharapkan mampu mempopulerkan produk saya.

BAB III STRATEGI PEMASARAN

3.1 STRATEGI PEMASARAN
            Untuk strategi pemasara dadar gulung cheessinah ini menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu :
PRODUCT (produk)
Produk yang ditawarkan berbeda dari yang lainnya, di samping itu makanan ini juga lezat, modern,kualitas nomor 1 dan higinis.
PRICE (harga)
Harga dari 1 kue ini relative terjangkau oleh semua kalangan, sesuai dengan jenis isi dan toping yang tersedia.
PLACE (Tempat)
Lokasi pertama untuk menjual kue ini ialah di toko depan rumah saya. Selain itu kue ini menggunakan system order.
PROMOTION (promosi)
Dengan promosi dari mulut ke mulut atau dari rekan ke rekan, saya yakin produk ini akan cepat mendapat tanggapan positive. Apalagi ditamabah menggunakan media social. Dengan pelayanan yang ramah dan sabar, saya akan mendapatkan pelanggan yang setia.
3.2 SEGMENTATION (SEGMENTASI)
Yang menjadi segmentasi produk kue saya ialah semua kalangan, mulai dari kalangan menengah samapai atas. Karena kue ini banyak di temukan di berbagai acara seperti arisan, cemilan, pengajian dll.
3.3 POSITONING
Saya yakinkan kepada seluruh penikmat kuliner tradisional dan modern bahwa produk yang saya buat adalah produk gabungan adari produk keduanya. Produk ini patut menjadi cemilan masyarakat. Cemilan yang sehat dan bermutu tinggi. Dapat melestarikan makanan tradisional sambil mengembangkannya.















BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dalam mengembangkan berpikir creative dan inovatif, produk ini adalah salah satu hasilnya. Dalam era modern ini kompetisi antar pengusaha akan semakin ketat maka diperlukan inovasi-inovasi agar tidak kalah dengan zaman modern ini. makanan merupakan kebutuhan yang sangat kompleks, maka dari itu usaha ini patut dicoba dan dikembangkan oleh saya.

Saya berharap agar proposal ini dapat diterima dan dipelajari lebih lanjut oleh pihak SMK N 45 Jakarta Barat.

B.     Saran
1.      Sekolah memberi dukungan baik secara informasi ataupun secara langsung dalam membantu bibit unggul siswa yang ingin berwirausaha.
2.      Sekolah dapat memperhatikan siswa-siswi tanpa adanya perbedaan.
3.      Memberikan informasi apa yang dibutuhkan oleh siswa-siswi.
4.      Sekolah memberikan pelatihan tentang wirausaha.
5.      Memberikan reward atas prstasi yang telah diraih siswa dan siswi.



Jakarta,3 Februari 2015
      Penulis Proposal


       Sarah Nurmala
            XII-AP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman cari kerja part-time 1

Make celana pendek aja