Contoh proposal makanan

|



proposal usaha
makanan
DADAR GULUNG CHEESSINAH

|
DAFTAR
ISI
i.
DAFTAR ISI……….……………………………………………1
ii.
KATA PENGANTAR………………………………………………......2
iii.
BAB I :
PENDAHULUAN………………………………….3
1.1 LATAR BELAKANG
1.1 LATAR BELAKANG
1.2 VISI & MISI USAHA
(Tujuan)
1.3 MODAL USAHA
iv.
BAB II : ANALISA PASAR…………………………………..4
2.1 JENIS USAHA
2.2 PENGAMATAN
2.3 PERHITUNGAN PENDAPATAN
2.4 PERSENTASE KEUNTUNGAN
2.5 ANALISA S.W.O.T
2.6 METODE PENJUALAN
2.1 JENIS USAHA
2.2 PENGAMATAN
2.3 PERHITUNGAN PENDAPATAN
2.4 PERSENTASE KEUNTUNGAN
2.5 ANALISA S.W.O.T
2.6 METODE PENJUALAN
v.
BAB III
: STRATEGI PEMASARAN………………………......7
3.1 STRATEGI PEMASARAN
3.2 SEGMENTASI
3.3 POSITONING
3.1 STRATEGI PEMASARAN
3.2 SEGMENTASI
3.3 POSITONING
vi.
PENUTUP………………………………………………………....9
1.1 KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat ALLAH SWT hanya karena rahmat dan
kebaikannya saya dapat menyelesaikan Proposal Usaha ini, dan hanya karena ALLAH
SWT saya mendapatkan ide dan inspirasi untuk membuat makanan “Dadar Gulung
Cheessinah” ini.
Proposal
ini saya buat atas dasar memenuhi tugas praktik mata pelajaran kewirausahaan
dan sebagai pembelajaran kewirasusahaan baik pribadi ataupun untuk orang lain.
serta sebagai referensi menu usaha yang akan saya buat.Saya terinspirasi untuk
membuat semacam makanan yang diminati oleh banyak orang dan tidak membosankan,
dengan sedikit perubahan suatu makanan akan terlihat lebih baru. Semoga “Dadar
Gulung Cheessinah” ini disukai seluruh kalangan.
Terima
kasih untuk Bapak Sanusi selaku guru kewirausaahn saya dan teman-teman saya.
Yang telah sedia mengajari dan berbagi ilmu mengenai berwirausaha.Dalam penyusunan
proposal ini, saya mengetahui bahwa masih ada kekurangannya, maka dari itu saya
sangat berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran kepada saya.
Atas
kebaikan dan kesediaannya waktunya, saya ucapkan terima kasih.
Jakarta,3 Februari
2015
Penulis Proposal
Penulis Proposal
Sarah Nurmala
XII-AP
XII-AP
BAB
1 : PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG USAHA
Kejenuhan para
penikmat kuliner atas makanan baik dimulai dari golongan menengah sampai
golongan atas mulai timbul. Era modern ini sangat dituntut inovasi-inovasi dalam
berbagai bidang termasuk makanan. Makanan adalah kebutuhan pokok yang mendasar,
maka dari itu saya rasa kalau makanan tradisional tidak dikembangkan dengan
baik. Maka makanan itu hanya sekedar makanan musiman yang tidak menutup kemungkinan
akan digeser dengan makanan – makanan luar negeri.
Oleh Karena itu,
saya mencoba untuk mengoptimalkan kesempatan yang saya miliki untuk membuat
sesuatu makanan tradisional yang disajikan dengan kreasi baru. Disamping karena
ada peluang, ini juga dapat mempopulerkan dan melestarikan makanan tradisional
Indonesia.
Melihat prospek
yang baik dari makanan ini, maka saya tergerak untuk membuat makanan yang
berbeda. Memadupadankan dengan kreasi baru.
DADAR GULUNG
biasanya diisi dengan kelapa muda (unti) namun, DADAR GULUNG CHEESSINAH ini
berisi keju,pisang,dan coklat serta toping lainnya. melihat potensi yang amat
besar, maka saya berkeinginan membuat DADAR GULUNG CHEESSINAH.
1.2.
VISI DAN MISI USAHA (TUJUAN)
Visi
/ Tujuan dari usaha ini adalah untuk mempraktikkan ilmu kewirausaahan, mengasah
kreativitas dan sebagai referensi menu usaha saya. Di samping itu,
mempopulerkan makanan tradisional dengan memberikan inovasi yang sesuai dengan
perkembangan zaman. Dan memberikan varian makanan bagi seluruh kalangan.
Misi
usaha ini dengan membuat proposal makanan, mempresentasikan dengan guru
kewirausahaan agar dapat memperoleh nilai, saran, dan kritik. Membuat tester
sebagai bahan percobaan di kalangan pelajar.
1.3. Modal Usaha
Modal
usaha yang dikeluarkan untuk “Dadar Gulung Cheessinah” sebesar Rp. 100.000.
BAB II
ANALISIS PASAR
2.1
JENIS USAHA
Saat ini penikmat
kuliner dari berbagai kalangan membutuhkan jenis makanan yang berbeda, baik
tradisional maupun modern. Dengan melihat peluang besar, saya memilih jenis usaha
:
-
DADAR GULUNG CHEESSINAH
Dadar gulung
cheessinah adalah anak dari dadar gulung tradisional yang isinya unti (kelapa
muda-manis), namun saya kreasikan dengan sentuhan modern, yaitu berisi keju,
pisang,coklat,dll. Dengan rasa dadar yang sesuai dengan toping isinya.
2.2
PENGAMATAN
Dari
analis pribadi, saya memilih jenis makanan ini sebagai menu usaha saya, karena
rasanya yang enak, megandung vitamin, dan terjangaku. Proses pembuatan yang
tidak rumit, modal usaha kecil dan kebersihan dari proses pembuatan pasti
terjamin. Karena dadar gulung ini, asli buatan saya sendiri.
2.3
PERHITUNGAN PENDAPATAN
A. Pengeluaran/ Modal
- 1 Tepung Terigu Rp. 7.000
- ½ Gula Pasir Rp. 5.000
- 1 butir telur ayam Rp. 2.000
- Susu Cair Rp. 6.000
- Margarin Rp. 5.000
- Keju chedar Rp. 22.000
- Pisang Raja Rp. 6.000
- Susu Coklat Kental Manis Rp. 6.000
- Pewarna alami makanan Rp. 8.000
- Kemasan Rp. 5.000
- Gas Rp. 18.000
-Transportasi Rp. 10.000
- ½ Gula Pasir Rp. 5.000
- 1 butir telur ayam Rp. 2.000
- Susu Cair Rp. 6.000
- Margarin Rp. 5.000
- Keju chedar Rp. 22.000
- Pisang Raja Rp. 6.000
- Susu Coklat Kental Manis Rp. 6.000
- Pewarna alami makanan Rp. 8.000
- Kemasan Rp. 5.000
- Gas Rp. 18.000
-Transportasi Rp. 10.000
-TOTAL MODAL Rp. 100.000
- Persentase Harapan : 50% 

B. Pendapatan
- Harga Jual per/buah : Rp. 2.000
- 1 kg tepung = 40 buah
kue = 50 

- Pengeluaran Rp.
100.000
-Pendapatan Rp. 125.000
- B.E.P UNIT : Modal :
Harga Jual = Rp. 100.000 : Rp. 2.500 = 40 kue.
- Laba Bersih Rp.
25.000
2.4
PERSENTASE KEUNTUNGAN
Margin ( Profit : Modal
) 

Rp. 125.000 : Rp.
100.000 

2.5
ANALISIS S.W.O.T
Untuk meyakinkan bahwa makanan yang
akan saya jual dapat disukai masyarakat umum, maka saya melakukan analisa
terhadap produk yang akan saya jual dengan cara menerapkan analisa S.W.O.T
sebagai berikut :
a. STRENGHT ( Kekuatan )
-
Harga jual yang cocok untuk semua
kalangan
-
Rasa yang lezat
-
Produk tidak pasaran
-
Rasa dan tampilan produk mengikuti zaman
b. WEAKNESS ( Kelemahan )
-
Produk tidak tahan lama, karena tanpa
bahan pengawet.
-
Belum banyak diketahui masyarakat.
c. OPPORTUNITIES ( Peluang )
-
Produk baru / inovasi masih jarang di
pasaran.
-
Jenis makanan yang sangat digemari oleh
masyarakat.
d. Threat ( Tantangan )
-
Pemasaran produk yang kurang strategis.
2.6. METODE PENJUALAN ( Sales Method )
Metode penjualan yang akan saya
jalani ialah pemasaran melalu produk tester oleh rekan kerja/ pelajar/
tetangga. Dan membuka toko kue di lingkungan rumah. Serta memanfaatkan jejaring
social seperti BBM, Facebook , Twitter , Instagram dll. Cara ini diharapkan mampu
mempopulerkan produk saya.
BAB III STRATEGI
PEMASARAN
3.1 STRATEGI PEMASARAN
Untuk strategi pemasara dadar gulung
cheessinah ini menggunakan strategi pemasaran 4P yaitu :
PRODUCT (produk)
Produk yang ditawarkan berbeda dari yang lainnya, di samping itu makanan ini juga lezat, modern,kualitas nomor 1 dan higinis.
Produk yang ditawarkan berbeda dari yang lainnya, di samping itu makanan ini juga lezat, modern,kualitas nomor 1 dan higinis.
PRICE (harga)
Harga
dari 1 kue ini relative terjangkau oleh semua kalangan, sesuai dengan jenis isi
dan toping yang tersedia.
PLACE (Tempat)
Lokasi
pertama untuk menjual kue ini ialah di toko depan rumah saya. Selain itu kue
ini menggunakan system order.
PROMOTION (promosi)
Dengan
promosi dari mulut ke mulut atau dari rekan ke rekan, saya yakin produk ini
akan cepat mendapat tanggapan positive. Apalagi ditamabah menggunakan media
social. Dengan pelayanan yang ramah dan sabar, saya akan mendapatkan pelanggan
yang setia.
3.2 SEGMENTATION (SEGMENTASI)
Yang
menjadi segmentasi produk kue saya ialah semua kalangan, mulai dari kalangan
menengah samapai atas. Karena kue ini banyak di temukan di berbagai acara
seperti arisan, cemilan, pengajian dll.
3.3 POSITONING
Saya
yakinkan kepada seluruh penikmat kuliner tradisional dan modern bahwa produk
yang saya buat adalah produk gabungan adari produk keduanya. Produk ini patut
menjadi cemilan masyarakat. Cemilan yang sehat dan bermutu tinggi. Dapat
melestarikan makanan tradisional sambil mengembangkannya.
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam mengembangkan
berpikir creative dan inovatif, produk ini adalah salah satu hasilnya. Dalam
era modern ini kompetisi antar pengusaha akan semakin ketat maka diperlukan
inovasi-inovasi agar tidak kalah dengan zaman modern ini. makanan merupakan
kebutuhan yang sangat kompleks, maka dari itu usaha ini patut dicoba dan
dikembangkan oleh saya.
Saya berharap agar
proposal ini dapat diterima dan dipelajari lebih lanjut oleh pihak SMK N 45
Jakarta Barat.
B. Saran
1. Sekolah
memberi dukungan baik secara informasi ataupun secara langsung dalam membantu
bibit unggul siswa yang ingin berwirausaha.
2. Sekolah
dapat memperhatikan siswa-siswi tanpa adanya perbedaan.
3. Memberikan
informasi apa yang dibutuhkan oleh siswa-siswi.
4. Sekolah
memberikan pelatihan tentang wirausaha.
5. Memberikan
reward atas prstasi yang telah diraih siswa dan siswi.
Jakarta,3
Februari 2015
Penulis Proposal
Penulis Proposal
Sarah Nurmala
XII-AP
XII-AP
Komentar
Posting Komentar